Kamis, 27 Februari 2014

Ciri-ciri Belajar

Jika hakikat belajar adalah perubahan tingkah laku, maka cirinya adalah

  1. Perubahan yang terjadi secara sadar. Individu yang belajar menyadari adanya perubahan tersebut, misalnya menyadari pengetahuanya bertambah. Jadi perubahan yang terjadi karena mabuk tidak termasuk dalam katagori perubahan dalam pengertian belajar.
  2. Perubahan dalam belajar bersifat fungsional, berlangsung terus tidak statis, menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan.
  3. Bersifat positif dan aktif, tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik. Maksud aktif adalah perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi karena usaha individu itu sendiri.
  4. Perubahan dalam belajar tidak bersifat sementara, misalnya berkeringat,menangis.  Jadi sifatnya menetap misalnya cakap membaca kitab.
  5. Bertujuan dan terarah.
  6. Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku, dalam kebiasaan, keterampilan, pengetahuan, dsb. Misalnya, seorang anak belajar naik sepeda. Maka perubahan yang paling nampak adalah dalam keterampilan naik sepeda itu. Akan tetapi dia telah mengalami perubahan-perubahan lainnya seperti pemahaman tentang cara kerja sepeda, pengetahuan tentang jenis sepeda, tentang alat-alat sepeda, kebiasaan membersihkan sepeda dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar