Jika hakikat belajar adalah perubahan
tingkah laku, maka cirinya adalah
- Perubahan
yang terjadi secara sadar. Individu yang belajar menyadari adanya
perubahan tersebut, misalnya menyadari pengetahuanya bertambah. Jadi
perubahan yang terjadi karena mabuk tidak termasuk dalam katagori perubahan
dalam pengertian belajar.
- Perubahan
dalam belajar bersifat fungsional, berlangsung terus tidak statis,
menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan.
- Bersifat
positif dan aktif, tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik. Maksud
aktif adalah perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi karena
usaha individu itu sendiri.
- Perubahan
dalam belajar tidak bersifat sementara, misalnya berkeringat,menangis. Jadi sifatnya menetap misalnya cakap
membaca kitab.
- Bertujuan
dan terarah.
- Perubahan
mencakup seluruh aspek tingkah laku, dalam kebiasaan, keterampilan,
pengetahuan, dsb. Misalnya, seorang anak belajar naik sepeda. Maka
perubahan yang paling nampak adalah dalam keterampilan naik sepeda itu.
Akan tetapi dia telah mengalami perubahan-perubahan lainnya seperti
pemahaman tentang cara kerja sepeda, pengetahuan tentang jenis sepeda,
tentang alat-alat sepeda, kebiasaan membersihkan sepeda dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar